Candi Borobudur Punya Siapa, Magelang atau Yogyakarta?



Siapa yang tidak tahu Candi Borobudur? Saya rasa semua orang sudah tidak asing asing lagi dengan candi budha yang satu ini.  Candi Borobudur adalah salah satu landmark di Indonesia dan pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia pada tahun 90-an. Candi ini memiliki tinggi 42 m dengan 10 tingkat dan mempunyai panjang realif lebih dari 1 km.

Candi Borobudur adalah candi budha terbesar di Indonesia yang juga merupakan candi terbesar di dunia dengan luas 15.129 m persegi.
Image result for candi borobudur

Banyak orang yang masih bingung dan ragu-ragu dimana letak Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah  atau di Yogyakarta.

Secara geografis letak Candi Borobodur adalah di Kabupaten Magelang lebih tepatnya di Desa Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Namun kebanyakan orang mengira Candi Borobudur terletak di Jogja.

Ada yang bilang "Belum bisa dibilang ke Jogja kalau belum ke Borobudur," 


Bahkan di game produksi LINE yaitu "Line Let's Get Rich", menunjukkan bahwa Candi Borobudur merupakan Landmark Yogyakarta. 

Kesalahan ini juga sering terjadi di saluran televisi Indonesia seperti TV ONE.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan orang-orang mengira kalau Candi Borobudur itu milik Yogyakarta?

  • Letaknya yang cukup dekat dengan Jogja
  • Orang-orang kira Candi Borobudur sekomplek dengan Candi Prambanan karena kedua candi ini dipromosikan secara bersamaan
  • Kata "Jogja" lebih dikenal daripada Magelang
  • Orang-orang mengira kalau Magelang itu ada di Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) bukan di Jawa Tengah
  • Orang yang ingin pergi ke Borobudur biasanya menginap di Hotel-hotel yang terdapat di Yogyakarta, karena di Magelang sendiri hotel megahnya masih sangat sedikit
  • Sri Sultan Hamengku Buwono X sering memberi donasi untuk perbaikan Candi Borobudur, terutama di bagian patung budhanya
  • Akses Transportasi ke Candi Borobudur lebih mudah ditempuh dari Yogyakarta. Bandara terdekat dari Candi Borobudur adalah Bandara Adisucipto di Sleman, Yogyakarta, sedangkan apabila ingin menempuh perjalanan melewati Jawa Tengah harus melalui Bandara Achmad Yani di Semarang, Jawa Tengah yang berjarak sekitar 90 km dan ditempuh dalam waktu 3 jam
  • Dll


Jujur saya sendiri kurang tahu apakah pemerintah provinsi DIY meng-klaim bahwa Candi Borobudur itu milknya atau tidak (semoga saja tidak), tapi sudah jelas bahwa Candi Borobudur itu ada di Magelang, Jawa Tengah. 

Walaupun ini bukan masalah besar tapi saya rasa orang Magelang pasti akan sakit hati kalau Borobudur miliknya dikira milik Jogja, kita saja marah saat Reog Ponorogo milik kita diambil negara tetangga. Untuk itu saya ingin meminta bantuan anda untuk menge-share artikel ini untuk memberitahu lebih banyak masyarakat kalau Candi Borobudur itu berada di Magelang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Borobudur Punya Siapa, Magelang atau Yogyakarta?"

Posting Komentar